Customize Consent Preferences

We use cookies to help you navigate efficiently and perform certain functions. You will find detailed information about all cookies under each consent category below.

The cookies that are categorized as "Necessary" are stored on your browser as they are essential for enabling the basic functionalities of the site. ... 

Always Active

Necessary cookies are required to enable the basic features of this site, such as providing secure log-in or adjusting your consent preferences. These cookies do not store any personally identifiable data.

No cookies to display.

Functional cookies help perform certain functionalities like sharing the content of the website on social media platforms, collecting feedback, and other third-party features.

No cookies to display.

Analytical cookies are used to understand how visitors interact with the website. These cookies help provide information on metrics such as the number of visitors, bounce rate, traffic source, etc.

No cookies to display.

Performance cookies are used to understand and analyze the key performance indexes of the website which helps in delivering a better user experience for the visitors.

No cookies to display.

Advertisement cookies are used to provide visitors with customized advertisements based on the pages you visited previously and to analyze the effectiveness of the ad campaigns.

No cookies to display.

Riset Lab. Kebijakan dan Manajemen Publik dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto

Posted by Web Admin

Juli 11, 2018

Civitas Akademika Administrasi Publik Fisip Undip

Semarang, 5 Juli 2018,- Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh pemerintah dalam memperbaiki pelayanan yang dirasa masih kurang oleh masyarakat. Hal yang menjadi acuan dalam melakukan perbaikan terhadap pelayanan publik yakni dengan menggunakan Permenpan No. 14 tahun 2017 tentang Survei Kepuasan Masyarakat yang dimana dapat dilihat bagian mana saja yang harus diperbaiki demi kenyamanan publik. Pelaksanaan peningkatan kualitas pelayanan publik ini dilakukan di RSUD Margono Soekarjo yang terletak di Kabupaten Banyumas. Peningkatan kualitas pelayanan publik di rumah sakit tersebut tidak lepas dari adanya peran serta mahasiswa dan civitas akademika dari Departemen Administrasi Publik untuk turut membantu dengan melakukan survei kepada masyarakat atas pelayanan yang sudah diberikan.

Pelaksanaan survei terhadap kepuasan masyarakat ini dilakukan oleh mahasiswa dan dosen sebagai bagian dari riset yang dilakukan oleh Lab. Kebijakan dan Manajemen Publik. Survei kepuasan masyarakat yang dilakukan di RS. Margono terdapat 2 tempat, yakni di Paviliun Geriatri dan Rumah Sakit Margono itu sendiri. Setiap tempat memiliki unit yang berbeda untuk dilakukan survei. Panduan yang dijadikan untuk melakukan survei menurut Permenpan No.14 tahun 2017  yakni melihat dari segi a) persyaratan, b) sistem, mekanisme dan prosedur, c) waktu penyelesaian, d) biaya/tarif, e) produk spesifikasi, f) kompetensi pelaksana, g) perilaku pelaksana, h) penanganan pengaduan, saran dan masukan, i) sarana dan prasarana. Dalam melakukan survei untuk peningkatan kualitas pelayanan publik yang dilakukan di Rumah Sakit Margono tidak terlepas dari adanya hambatan. Adapun hambatan yang dialami berupa kondisi responden yang menolak untuk memberikan pendapat tatkala dilakukan wawancara dan sarana prasarana yang kurang mendukung.

Peningkatan kualitas pelayanan publik yang dilakukan di Rumah Sakit Margono bukanlah hal yang mudah, karena harus melihat dari berbagai sudut pandang baik dari masyarakat maupun dukungan dari pemerintah setempat. Oleh karena itu, harapan kedepan agar dengan adanya peran dari mahasiswa dan civitas akademika Departemen Administrasi Publik FISIP Undip dapat membantu dalam peningkatan kualitas pelayanan publik yang sedang dilakukan di RSUD Margono Soekarjo, masyarakat semakin nyaman dalam berobat dan pelayanan yang diberikan semakin baik.

 

More from Public Administration

Leaflet S1 Administrasi Publik

Leaflet S1 Administrasi Publik

Program Studi Sl Administrasi Publik juga dilengkapi dengan fasilitas internasional yang mendukung proses belajar...