Civitas Akademika Administrasi Publik Fisip Undip

Semarang, 5 Juli 2018,- Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh pemerintah dalam memperbaiki pelayanan yang dirasa masih kurang oleh masyarakat. Hal yang menjadi acuan dalam melakukan perbaikan terhadap pelayanan publik yakni dengan menggunakan Permenpan No. 14 tahun 2017 tentang Survei Kepuasan Masyarakat yang dimana dapat dilihat bagian mana saja yang harus diperbaiki demi kenyamanan publik. Pelaksanaan peningkatan kualitas pelayanan publik ini dilakukan di RSUD Margono Soekarjo yang terletak di Kabupaten Banyumas. Peningkatan kualitas pelayanan publik di rumah sakit tersebut tidak lepas dari adanya peran serta mahasiswa dan civitas akademika dari Departemen Administrasi Publik untuk turut membantu dengan melakukan survei kepada masyarakat atas pelayanan yang sudah diberikan.

Pelaksanaan survei terhadap kepuasan masyarakat ini dilakukan oleh mahasiswa dan dosen sebagai bagian dari riset yang dilakukan oleh Lab. Kebijakan dan Manajemen Publik. Survei kepuasan masyarakat yang dilakukan di RS. Margono terdapat 2 tempat, yakni di Paviliun Geriatri dan Rumah Sakit Margono itu sendiri. Setiap tempat memiliki unit yang berbeda untuk dilakukan survei. Panduan yang dijadikan untuk melakukan survei menurut Permenpan No.14 tahun 2017  yakni melihat dari segi a) persyaratan, b) sistem, mekanisme dan prosedur, c) waktu penyelesaian, d) biaya/tarif, e) produk spesifikasi, f) kompetensi pelaksana, g) perilaku pelaksana, h) penanganan pengaduan, saran dan masukan, i) sarana dan prasarana. Dalam melakukan survei untuk peningkatan kualitas pelayanan publik yang dilakukan di Rumah Sakit Margono tidak terlepas dari adanya hambatan. Adapun hambatan yang dialami berupa kondisi responden yang menolak untuk memberikan pendapat tatkala dilakukan wawancara dan sarana prasarana yang kurang mendukung.

Peningkatan kualitas pelayanan publik yang dilakukan di Rumah Sakit Margono bukanlah hal yang mudah, karena harus melihat dari berbagai sudut pandang baik dari masyarakat maupun dukungan dari pemerintah setempat. Oleh karena itu, harapan kedepan agar dengan adanya peran dari mahasiswa dan civitas akademika Departemen Administrasi Publik FISIP Undip dapat membantu dalam peningkatan kualitas pelayanan publik yang sedang dilakukan di RSUD Margono Soekarjo, masyarakat semakin nyaman dalam berobat dan pelayanan yang diberikan semakin baik.