UNDIP Hebat! Mahasiswa Magang Membantu Sekretariat Daerah Kota Semarang Dalam Survei Kepuasan Masyarakat Di Dinas Kesehatan

Posted by Web Admin

November 18, 2022

Program magang merupakan salah satu mata kuliah yang dihadirkan untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan bermutu untuk menghadapi dunia kerja. Program magang ini tentunya tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa, melainkan juga menjadi salah satu jalan untuk membuka sebuah jalinan hubungan dan komunikasi yang baik antara Universitas dan Instansi tempat magang. Sekretariat Daerah Kota Semarang menjadi lokus yang dipilih dalam pelaksanaan magang oleh mahasiswa Departemen Administrasi Publik, FISIP UNDIP, yaitu Arneta Rahma Aqila (14020119140168).

Dokumentasi bersama Kepala Bagian dan Staff di Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Semarang.

Kegiatan magang tersebut berlangsung selama 1 bulan yang terhitung dari 1 September 2022 – 12 Oktober 2022. Terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Sekretariat Daerah Kota Semarang. Salah satu kegiatan yang turut dilakukan mahasiswa adalah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di beberapa OPD, salah satunya di Dinas Kesehatan. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 merupakan kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik. Survei tersebut dilakukan untuk melihat dan menilai kembali bagaimana pelayanan publik yang telah dilaksanakan. Selanjutnya, apabila terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan pelayanan tersebut dapat menjadi bahan evaluasi lanjutan untuk meningkatkan kualitas dari pelayanan publik untuk masyarakat.
Dalam pelaksanaan survei tersebut, semua dapat berjalan dengan lancar. Masyarakat dengan terbuka bersedia untuk diwawancarai dan memberikan penilaian secara objektif mengenai pelayanan yang berada di Dinas Kesehatan Kota Semarang. Adanya partisipasi masyarakat mampu menjadi acuan pemerintah dalam mengoptimalkan pelayanan publik yang optimal. Selain itu, masyarakat juga berharap pelayanan yang telah memiliki kategori “baik” dapat menjaga kualitas layanannya tersebut.

Melakukan survei

Dokumentasi dengan Staff di bagian Pelayanan UHC, Dinas Kesehatan Kota Semarang

 

Kontributor :
Arneta Rahma Aqila

More from Public Administration

Leaflet S1 Administrasi Publik

Leaflet S1 Administrasi Publik

Program Studi Sl Administrasi Publik juga dilengkapi dengan fasilitas internasional yang mendukung proses belajar...