Wonogiri, (1/08/2024) – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan membuka ruang yang lebih luas bagi masyarakat untuk berpartisipasi, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) menggelar pelatihan penggunaan layanan pengaduan digital di Balai Desa Kerjo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Pelatihan ini menjadi solusi atas permasalahan kurangnya partisipasi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan pengaduan.
Selama ini, masyarakat Desa Kerjo Kidul kerap merasa kesulitan dalam menyampaikan keluhan atau usulan kepada pemerintah desa. Minimnya wadah yang efektif untuk menyampaikan aspirasi menjadi salah satu kendala utama. Melihat kondisi tersebut, mahasiswa KKN berinisiatif untuk mengadakan pelatihan ini.
“Kami berharap melalui pelatihan ini, masyarakat Desa Kerjo Kidul dapat lebih mudah menyampaikan aspirasi dan pengaduan secara langsung kepada pemerintah desa,” ujar Faizal selaku penggagas program kerja KKN. “Dengan adanya layanan pengaduan digital, diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.”
Pelatihan ini menyajikan materi yang mudah dipahami oleh masyarakat, mulai dari cara mengakses layanan pengaduan digital, mengisi formulir pengaduan, hingga memantau perkembangan pengaduan. Selain itu, mahasiswa KKN juga memberikan simulasi pengaduan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada peserta.
Salah satu perangkat Desa Kerjo Kidul Tri Sujarwanto menyambut baik kegiatan pelatihan ini. “Kami sangat mengapresiasi inisiatif mahasiswa KKN. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami dan masyarakat. Dengan adanya layanan pengaduan digital, kami berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ungkapnya.
Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, masyarakat Desa Kerjo Kidul dapat lebih aktif berpartisipasi dalam pembangunan desa. Selain itu, pemerintah desa juga dapat lebih responsif terhadap aspirasi dan pengaduan masyarakat.