Kegiatan kaderisasi merupakan kegiatan yang digencarkan oleh Undip untuk dikembangkan guna meningkatan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Kegiatan kaderisasi ini terbagi menjadi 3 yaitu kaderisasi politik, kaderisasi agama, dan kaderisasi penelitian. Pembahasan kali ini akan terfokus dengan pembahasan mengenai kegiatan kaderisasi politik. Salah satu dari bentuk kaderisasi politik adalah pelaksanaan kegiatan LKMMPD atau Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa tingkat Pra-Dasar.
LKMMPD merupakan sebuah kegiatan kaderisasi yang bersifat wajib untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Universitas Diponegoro. LKMMPD ini diselenggarakan oleh setiap himpunan yang berada dalam universitas Diponegoro dan diselenggarakan setiap pertengahan semester pertama setiap angkatan mahasiswa baru. Di dalam LKMMPD, terdapat materi-materi wajib yang akan diajarkan sebagai bekal dalam proses adaptasi mahasiswa baru dari era sekolah menengah ke era perkuliahan yang tentunya memiliki suasana yang berbeda. Materi-materi tersebut antara lain manajemen waktu, analisis potensi diri, Teknik sidang, kewirausahaan, dasar organisasi, dan materi lainnya yang sangat penting untuk kedepannya. LKMMPD secara tertulis telah tertuang dan diatur dalam buku biru yaitu buku kaderisasi yang selama ini menjadi acuan bidang PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) dan telah ditandatangani oleh rektorat untuk di sahkan.

Kegiatan kaderisasi seperti ini sangat penting untuk melatih mental mahasiswa kedepannya serta pembekalan mengenai ilmu dan pengetahuan yang harus mereka ketahui untuk mendukung kehidupan berorganisasi mereka di masa perkuliahan. Sementara itu, Undip telah dikenal sebagai universitas dengan rangkaian kegiatan kaderisasi yang nyaris lengkap dan menjadi acuan oleh universitas lain dalam menyelenggarakan kegiatan kaderisasi-nya. Oleh sebab itu, sebagai mahasiswa universitas diponegoro sudah sepatutnya kita untuk mengikuti kegiatan kaderisasi ini agar memperoleh manfaat yang maksimal dan optimal.

Penulis: BPH Inti (Pingky Yolanda Pramesti)