Oleh: Maulia Salma Al Fateena
Banjarharjo, Karanganyar (30/7) – Desa Banjarharjo kini semakin modern dengan hadirnya menu pelayanan publik yang interaktif. Warga tak perlu lagi bingung mencari informasi tentang berbagai jenis pelayanan yang tersedia. Pelayanan publik yang cepat dan mudah menjadi dambaan setiap warga. Desa Banjarharjo menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan menu pelayanan publik yang lebih praktis. Menu pelayanan publik ini digagas oleh Maulia Salma (21), salah satu mahasiswi Administrasi Publik yang tergabung dalam KKN TIM II Universitas Diponegoro tahun 2024 di Desa Banjarharjo.
Menu pelayanan publik yang diinovasikan oleh Maulia berbentuk X banner yang dipasang di dalam Kantor Desa Banjarharjo. Banner sendiri dinilai memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Ide ini muncul dari keinginan desa untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang kemudian diimplementasikan dengan pembuatan banner menu pelayanan publik oleh Maulia sebagai salah satu program kerja KKN yang dilaksanakannya. Dalam banner tersebut, tercantum jenis-jenis pelayanan publik yang dilaksanakan di Kantor Desa Banjarharjo lengkap dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Hal ini bermaksud untuk mempermudah masyarakat dalam mengetahui persayaratan apa saja yang harus dibawa untuk memenuhi keperluan administrasi di Kantor Desa Banjarharjo.
Secara keseluruhan, menu pelayanan publik yang baru dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan untuk masyarakat desa dengan meningkatkan kemudahan, efisiensi, akuntabilitas, serta transparansi. Dengan adanya menu pelayanan publik yang baru, Desa Banjarharjo telah membuktikan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi warganya. Semoga inovasi ini dapat menginspirasi desa-desa lain untuk terus berbenah.