Semarang, 23/9 Meningkatnya jumlah pasien Covid-19 di Indonesia telah membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk memperketat social distancing. Segala aktivitas yang dilakukan secara langsung (luring) diganti menjadi daring. Meskipun segala aktivitas dilakukan secara daring, hal ini tidak menghentikan kreativitas mahasiswa UNDIP untuk terus berkarya selama Pandemi Covid-19. Mahasiswa UNDIP yang terdiri dari Amanda Elista (Administrasi Publik 2017), Dwi Nur Rachmawati ( Ilmu Pemerintahan 2017), Zharfan Akbar Andriawan ( Informatika 2017), Haris Fadilah (Informatika 2017), dan Steven Joseph Ryhadi ( Informatika 2017) dibimbing oleh Dosen Administrasi Publik FISIP UNDIP yaitu Dr. Budi Puspo Priyadi M. Hum, berhasil menciptakan website SIAP Bergota, guna membantu terciptanya sistem informasi pelayanan pemakaman secara online di TPU Bergota.

Latar belakang gagasan pembuatan website SIAP Bergota adalah sistem pelayanan pemakaman yang ada di TPU Bergota masih dilakukan secara manual dengan datang langsung ke TPU Bergota. Sistem tersebut dinilai menyusahkan bagi masyarakat sehingga muncul ide untuk membuat website SIAP Bergota guna memudahkan pelayanan pemakaman melalui online. Selain memudahkan sistem pelayanan, sistem informasi pengelolaan makam Bergota secara online ini, juga dinilai tepat digunakan selama Pandemi Covid-19, guna mengurangi penyebaran Covid-19 di Kota Semarang, dan harapannya website ini dapat bermanfaat bagi pengelola TPU Bergota.

Proses penciptaan website SIAP Bergota seluruhnya dilakukan secara online, mulai dari pembuatan konsep dilakukan melalui serangkaian rapat virtual dengan menggunakan aplikasi MS Teams, Line, Google meet dan WA. Pembuatan website juga dilakukan secara online dengan sistem pembagian jobdesk coding oleh para anggota IT, kemudian hasil coding tersebut disatukan kembali sehingga menghasilkan website  SIAP Bergota.

Dalam website SIAP Bergota terdiri dari berbagai fitur yaitu fitur pengajuan pelayanan perizinan pemakaman, biaya retribusi makam, artikel Bergota, “tilik makam”, cari leluhur, juru kunci dan kontak kami. Fitur pengajuan pelayanan perizinan berfungsi untuk mengajukan pemesanan perizinan makam di TPU Bergota. Dimana, pengaju atau masyarakat diminta untuk mengisi form jenis perizinan yang diminta, nama jenazah yang akan dimakamkan, nama ahli waris, no handphone dan memilih lokasi makam yang tersedia. Fitur biaya retribusi berisi rincian biaya retribusi pemakaman yang harus dibayarkan beserta lama waktu pemakamannya. Sedangkan fitur artikel Bergota berisi berbagai macam artikel mengenai TPU Bergota termasuk berita terkini mengenai TPU Bergota dan fitur yang paling special dari website SIAP Bergota adalah fitur “Tilik Makam”. Fitur ini terdiri dari beberapa submenu diantaranya submenu keadaan makam, submenu membersihkan makam, dan submenu tabur bunga.

Pertama, submenu keadaan makam adalah submenu yang memuat pemantauan kondisi makam keluarga melalui online berupa foto keadaan makam keluarga. Pengunjung dapat mengetahui kondisi makam tanpa harus datang ke TPU Bergota, cukup dengan akses dari rumah, masyarakat atau pengunjung website dapat mengetahui kondisi makam keluarga meraka. Foto keadaan makam keluarga akan diupdate oleh admin website setelah pengguna melakukan pengajuan permohonan foto keadaan makam.

Kedua, submenu membersihkan makam adalah submenu yang memuat pelayanan pembersihan makam keluarga yang akan dilakukan oleh juru kunci makam, pengguna dapat meminta kepada juru makam untuk membersihkan makam keluarga mereka dengan membayar tarif tertentu. Pelayanan pembersihan makam akan dilaksanakan setelah pengguna membayar tarif tertentu, kemudian pengguna akan dikirimkan foto bahwa makam keluarga mereka telah dibersihkan.

Ketiga, submenu tabur bunga makam adalah submenu yang memuat pelayanan tabur bunga pada makam keluarga, Pengguna dapat meminta kepada juru kunci makam untuk menaburkan bunga pada makam keluarga mereka dengan membayar tarif tertentu. Pelayanan penaburan makam akan dilaksanakan setelah pengguna membayar tarif, kemudian pengguna akan dikirimkan foto bahwa makam keluarga mereka telah ditaburi bunga. Tentunya, semua layanan yang ada dalam fitur “Tilik Makam” akan dikerjakan oleh Juru Kunci Makam dengan tarif terntentu. Fitur ini, hadir dengan memperhatikan pemberdayaan ekonomi bagi Masyarakat Bergota yang sebagian besar berprofesi sebagai Juru Kunci Makam. Melalui berbagai pelayanan yang ada di fitur “Tilik Makam” harapannya dapat menghasilkan potensi pundi-pundi ekonomi bagi Warga Bergota.

Sementara itu, pada fitur cari leluhur, pengguna dapat mencari leluhur keluarga mereka dengan memasukkan nama leluhur mereka di sistem, lalu akan muncul nama-nama leluhur keluarga mereka. Terakhir fitur juru kunci, pengguna dapat mengetahui nama-nama juru kunci yang bisa dihubungi untuk mengetahui kondisi makam keluarga mereka. Pada fitur kontak kami, pengguna dapat mengadukan segala permasalahan mereka mengenai pelayanan pemakaman di TPU Bergota. Proses pembuatan website SIAP Bergota masih berjalan, sebab ini memerlukan monitoring, perbaikan, pengembangan dan koordinasi dengan masyarakat, pemerintah atau dinas terkait dan pengelola TPU. Namun, melalui website SIAP Bergota, harapannya dapat memudahkan Masyarakat dalam mengakses layanan makam yaitu secara online, membantu Pengelola TPU menciptakan pengelolaan makam yang efektif, efisien dan akuntabel, mendukung Pemerintah Kota Semarang dalam merealisasikan konsep “Smart City”, tidak lupa juga di sisi lain adalah mendorong perekonomian Masyarakat untuk mewujudkan kehidupan Masyarakat Bergota yang lebih baik.

Penulis :

  1. Amanda Elista (Administrasi Publik 2017)
  2. Dwi Nur Rachmawati ( Ilmu Pemerintahan 2017)
  3. Zharfan Akbar Andriawan ( Informatika 2017)
  4. Haris Fadilah (Informatika 2017)
  5. Steven Joseph Ryhadi ( Informatika 2017)

Pembimbing :

Dr. Budi Puspo Priyadi M. Hum

Ingin memahami lebih jauh tentang SIAP BERGOTA, silahkan klik link berikut : https://www.youtube.com/watch?v=76wSwj2-8xM