Deskripsi Safari Kurma

Safari Kurma merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Program Administrasi Publik Universitas Diponegoro untuk berkontribusi secara langsung dalam menerapkan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu “Pengabdian Masyarakat, melalui kegiatan bakti sosial ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian kepada sesama manusia. Serta kegiatan ini dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama manusia.

Bentuk Kegiatan

Seluruh rangkaian kegiatan Safari Kurma 2022 dilaksanakan secara offline yang dilaksanakan selama 2 hari. Kegiatan Safari Kurma hari pertama dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 09 April 2022. Selanjutnya dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 10 April 2022. Bentuk kegiatan ini adalah bakti sosial dengan buka puasa bersama serta memberikan keceriaan untuk anak-anak panti asuhan melalui perwakilan pengurus HMPS Administrasi Publik Universitas Diponegoro. Beberapa bentuk kegiatan yang dilakukan adalah tilawah Al Qur’an, memberikan games yang mengusung konsep “Family 100” dan “Pesan Berantai” yang bertujuan untuk menambahkan keceriaan, memupuk kemampuan bekerja sama, serta rasa kekeluargaan antara warga panti asuhan At-Taqwa. Kegiatan games ini dilaksanakan bersama anak panti asuhan At-Taqwa yang didampingi oleh panitia Safari Kurma sebagai bentuk pendekatan dengan anak-anak panti asuhan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan acara buka bersama dan sholat maghrib berjamaah.

Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Bertempat di Yayasan Sosial & Panti Asuhan At-Taqwa, Dk. Genting RT 02/VI Meteseh, Tembalang, Semarang

Peserta Kegiatan

Dalam kegiatan Safari Kurma ini menetapkan sasaran kegiatan sejumlah 110 orang yaitu warga Yayasan Sosial & Panti Asuhan At-Taqwa, meliputi anak-anak panti asuhan dan beberapa pengurus panti asuhan. Adapun panitia penyelenggara kegiatan Safari Kurma yang ikut memeriahkan yaitu perwakilan pengurus HMPS dari mahasiswa program studi Administrasi Publik Universitas Diponegoro.

Esensi Kegiatan

Esensi yang dicapai dari pelaksanaan Safari Kurma ini adalah menciptakan mahasiswa Administrasi Publik 2022 yang peduli terhadap masyarakat dan saling membantu pada bulan Ramadhan khususnya. Hal lain yang dapat diperoleh dari kegiatan ini adalah berbagi kebahagiaan dengan anak-anak panti asuhan dengan melakukan beberapa rangkaian kegiatan, seperti bermain games bersama.