Semarang, Senin 16 Juni 2025, Desa Branjang, Ungaran Barat, Semarang – Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro, Mahasiswi bernama Muthia Fakhira Tedja (Anggota sekaligus Koordinator Program Kerja Pengoptimalan Sosial Media) melaksanakan serangkaian kegiatan pemberdayaan masyarakat yang berkolaborasi dengan pelaku usaha lokal, Sigur.Id. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 5 Mei hingga 16 Juni 2025 di Desa Branjang, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, dengan para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Muhammad Hamdan Mukafi, S.S., M.A, Gani Nur Pramudyo, M.Hum NIP. dan Siti Komariya, S.S., M.A.
Salah satu kegiatan utama yang dilaksanakan adalah workshop pembuatan gantungan kunci resin berbahan dasar kayu bekas. Workshop ini bekerja sama langsung dengan Sigur.Id, sebuah usaha mikro kreatif yang memproduksi aksesoris seperti gantungan kunci, jam dinding, kalung, bahkan meja makan yang berbasis limbah kayu dan resin. Kegiatan juga memperkenalkan nilai ekonomi dari bahan-bahan yang seringkali dianggap limbah.
![]() |
![]() |
Selain workshop, diskusi intensif juga dilakukan bersama Janu Adhe Saputra, selaku owner dari Sigur.Id, membahas berbagai tantangan yang dihadapi dalam pengembangan Sigur sebagai UMKM. Hasil diskusi ini nantinya akan menjadi bagian penting dalam pendahuluan program publikasi jurnal yang tengah disiapkan oleh Tim KKN 106. Hasil juga akan menjadi indikator keberhasilan dalam meningkatkan engagement sosial media Sigur.id. Topik diskusi mencakup permasalahan pemasaran digital, legalitas UMKM, dan tantangan dalam menghadapi era digital yang menuntut adaptasi cepat terhadap teknologi.
Dalam rangka mendorong keberlanjutan usaha, Muthia juga melakukan edukasi mengenai legalitas usaha kepada owner Sigur.Id. Penjelasan mencakup pentingnya legalitas dalam membangun kepercayaan konsumen, membuka akses permodalan, serta potensi kerja sama dengan instansi pemerintah maupun swasta. Edukasi ini diharapkan menjadi langkah awal bagi Sigur.Id untuk menuju UMKM yang lebih profesional dan berkelanjutan.
Tak hanya fokus pada pelatihan dan edukasi, Muthia juga berpartisipasi aktif dalam melakukan pengoptimalan media sosial Instagram dan TikTok Sigur.Id serta akun resmi kegiatan KKNT. Dengan merancang konten promosi yang menarik, menghasilkan jangkauan promosi produk lebih luas dan meningkatkan exposure dari brand Sigur.Id. Strategi ini meliputi pembuatan video estetik terkait proses pembuatan produk, dokumentasi kegiatan workshop, hingga storytelling mengenai masing-masing produknya.
Melalui konsistensi dalam unggahan dan penyusunan narasi yang relevan, diharapkan Sigur.Id dapat memperluas pasar, terutama di kalangan muda yang aktif di media sosial. Seluruh kegiatan ini menunjukkan komitmen Tim KKNT 106 dalam mendukung pengembangan UMKM berbasis lokal yang ramah lingkungan serta adaptif terhadap perkembangan teknologi sehingga menciptakan dampak sosial yang berkelanjutan. Harapannya, KKN Universitas Diponegoro terus berlanjut dalam melakukan kolaborasi kembali dengan UMKM lainnya untuk mendorong kemandirian perekonomian desa.
Oleh: Muthia Fakhira Tedja (14020122140133), TIM KKNT 106