Salah satu program kerja inovasi yang saat ini sedang dikembangkan oleh himpunan mahasiswa program studi administrasi publik adalah EKO dan staff awarding. Melalui kabinet Saka Gautama, EKO dan staff awarding hadir sebagai sebuah kegiatan rutin yang diadakan setiap 3 bulan sekali. Kegiatan EKO akan diisi dengan berbagai evaluasi-evaluasi selama keberjalanan organisasi dengan rentang waktu 3 bulan terakhir, evaluasi yang terdapat pada EKO adalah uneg-uneg serta berbagai keresahan yang hadir dalam benak setiap diri fungsionaris dan pengurus himpunan lainnya. Tujuan dari EKO ini adalah untuk menjaga kualitas dan mutu organisasi agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan awal yaitu penerapan prinsip kekeluargaan yang berjalan sebanding dengan profesionalitas. Tidak hanya itu, EKO juga bertujuan agar dalam diri setiap fungsio dapat memperbaiki dirinya dari kesalahan-kesalahan selama berorganisasi agar tercipta individu yang lebih baik lagi kedepannya.

Kegiatan kedua selain EKO adalah staff awarding. Kegiatan ini akan diselenggarakan berbarengan dengan kegiatan EKO dan dalam rentang waktu yang sama yakni 3 bulan sekali. Staff awarding adalah bentuk penghargaan atau reward bagi fungsionaris-fungsionaris yang telah bekerja dengan baik secara optimal dan maksimal selama 3 bulan terakhir. Diharapkan dengan adanya staff awarding ini dapat memacu semangat para pengurus himpunan agar saling berlomba untuk menjadi individu yang lebih baik lagi.

Adanya EKO dan staff awarding dirasa penting untuk keberjalanan organisasi kedepannya, selain sebagai penjamin mutu organisasi, kegiatan ini bertujuan agar semangat setiap fungsionaris dapat terjaga dari awal kepengurusan hingga akhir kepengurusan.

 

Penulis: BPH Inti (Pingky Yolanda Pramesti)